DISLITBANGAD UJI COBA PROTOTIPE STAND BODY LOADING/UNLOADING HELIKOPTER BELL 412 KE PESAWAT HERCULES C-130

Friday, 12 November 2021




Bandung,  12  Nopember  2021,  Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Uji coba Prototipe Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 hasil Litbanghan Puspenerbad  dilaksanakan di  Sathar 15 Depohar 10 Koharmatau Jl. Bandara Husein Sastranegara No. Kavling 27, Husen Sastranegara, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, selaku  Kagiat di wakili  Dalwasgiat  Sesdislitbangad Kol. Arm Robertson Ismail, S,I.P., M.Si., M.M.  mengatakan bahwa Uji coba  Prototipe Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 hasil Litbanghan Puspenerbad mempunyai  Fungsi Pokok   Sebagai sarana untuk Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 sehingga dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien dalam rangka pemeliharaan serta pergeseran Helikopter Bell 412 TNI AD dari dan ke Home Base maupun daerah operasi. Dalam pengujian tersebut hendaknya sesuai dengan Standar Spesifikasi Teknis (SST) Prototipe Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 yang menjadi  pedoman yang  digunakan pada pelaksanaan uji coba/sertifikasi hasil Litbanghan. Karena untuk  mendapatkan materiel yang berkualitas  maka Prototipe Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 harus memenuhi persyaratan umum yang meliputi syarat (kaidah) Ilpengtek. Aspek yang harus dipertimbangkan dalam persyaratan umum adalah aspek politik, ekonomi, tingkat teknologi yang digunakan, kemampuan dukungan industri dalam negeri dan kemampuan dukungan logistik nasional. Persyaratan bersifat kualitatif, namun demikian penilaianya dalam bentuk angka (kuantitatif) yang telah ditentukan batas-batas secara jelas dan harus dijadikan sebagai salah satu dasar pertimbangan dalam menganalisa hasil uji coba Prototipe Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130. Ujarnya selanjutnya Kadislitbangad menambahkan bahwa Yang harus dipertimbangkan dalam persyaratan taktis Prototipe Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 yaitu harus memenuhi aspek operasional, unsur penggunaan, mobilitas dan pemeliharaan harus mudah karena orientasi penggunaan Prototipe Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 ini adalah untuk memuat dan menurunkan/membongkar Helikopter Bell 412 TNI AD pada pesawat Hercules C-130 sehingga dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien, pungkasnya.

 

Dalam Uji coba Prototipe Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 hasil Litbanghan Puspenerbad; Tim uji Mayor Inf Muhiyat menjelaskan pelaksanaan pengujian dengan aspek-aspek sebagai berikut pertama  Materi uji Kontruksi dan Perlengkapan. Merupakan persyaratan konstruksi dan perlengkapan yang menerangkan keadaan nyata dari Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130., Kedua Materi uji aspek kemampuan, Kemampuan. Merupakan persyaratan yang berkaitan dengan kemampuan terhadap Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 TNI AU dalam pengujian. Ketiga Materi uji aspek Kelancaran Kerja. Kelancaran kerja. Merupakan persyaratan yang berkaitan dengan berfungsinya terhadap Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 dalam penggunaan baik dalam kondisi normal maupun kondisi ekstrim seperti kemampuan menahan beban, menahan terhadap pengaruh cuaca dan medan serta daya tahan pada penggunaan terus-menerus maupun perlakuan kasar terbatas.   Keempat Materi uji Aspek Insani. Merupakan persyaratan yang berkaitan dengan kenyamanan  dan keamanan terhadap personel pengguna Stand Body Loading/Unloading Helikopter Bell 412 ke Pesawat Hercules C-130 saat dioperasionalkan.





(admin)

Informasi Penerimaan TNI-AD TA. 2024