DISLITBANGAD UJI FUNGSI ALSUS BORE SIGHT MKK DAN MKB

Saturday, 27 November 2021




Bandung, 26  Nopember   2021 - Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD  melaksankan  Uji  fungsi Bore Sight MKK dan MKB pengadaan TA.2021. yang merupakan  alat uji untuk mengetahui keausan dan kerusakan barrel/laras senjata Munisi Kaliber Kecil (MKK) spt Cal 5,56 mm, 7,62mm, 9 mm, 12,7 mm maupun Munisi kaliber besar( MKB) spt Cal 76mm, 105mm,120mm,  uji fungsi dilaksanakan pada hari jumat tanggal 26 Nopember 2021


Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD  Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, dihadiri  Danpusdik Armed saat melaksanakan uji fungsi mengatakan bahwa uji fungsi program pengadaan TA 2021 tersebut perlu dilakukan dikarenakan untuk mengetahui bagaimana tingkat keausan dan kerusakan barrel/laras senjata Munisi Kaliber Kecil (MKK) spt Cal 5,56 mm, 7,62mm, 9 mm, 12,7 mm maupun Munisi kaliber besar( MKB) spt Cal 76mm, 105mm,120mm. Karena Alai ini nantinya akan digunakan dalam uji coba-uji coba senjata hasil litbanghan maupun hasil pengadaan sehingga standarisasi telah diukur dengan peralatan yang ada di Laboratorium Dislitbangad terutama Alsus uji di subsi Jatmu pada  barrel/laras senjata untuk  Munisi Kaliber Kecil (MKK) spt Cal 5,56 mm, 7,62mm, 9 mm, 12,7 mm maupun Munisi kaliber besar( MKB) spt Cal 76mm, 105mm,120mm, dimana dalam uji fungsi tersebut diuji beberapa aspek yaitu aspek kemampuan untuk  ketelitian tembak dapat dilihat kondisi awal barrel/laras senjata tsb. Dalam aspek kelancaran kerja yaitu uji endurance/ketahanan laras dapat dilihat ketahanan barrel/laras setelah ditembakan munisi 12.000  butir apakah laras mengalami keausan dan kerusakan, pengujian dilaksankan selama tiga hari, hari pertama  melaksanakan pengambilan data awal jatrat 76mm dan 105 mm milik Pusdik Armed di Lapbak Pussenarmed Batujajar. Hari kedua  melaksanakan uji jatri  5,56mm, 7,62mm di laksanakan di lorong tembak Lab Batujajar. Hari ketiga  melaksanakan pemungutan data akhir hasil menembak jatri 5,56mm dan 7,62mm serta jatrat 76mm dan 105mm. Selama 3 (tiga ) hari pengujian hasilnya sangat bagus sesuai denga napa yang diharapkan sehingga kedepan  Alat ini nantinya menjadi Alsus uji di subsi Jatmu yang sangat diperlukan dalam pengujian senjata dan munisi di Laboratorium Dislitbang TNI AD, ujarnya selanjutnya Kadislitbangad mengucapkan terima kasih kepada mitra PT. Yaksa Ragam Dalpati   yang komit dan konsisten dalam pengadaan Alsus uji di subsi Jatmu yang sangat diperlukan dalam pengujian senjata dan munisi di Laboratorium Dislitbang TNI AD sehingga sangat bermanfaat dengan mutu barang pengadaan sesuai dengan speck yang diharapkan saya yakin dan percaya  dengan spirit nasionalis tinggi yang selalu berusaha untuk  menjadi penyedia kebutuhan khususnya dalam bidang penelitian dan pengembangan pada  Instansi/Lembaga di lingkungan TNI baik Laut, Darat dan Udara. Dengan mengkhususkan diri sebagai penyedia alat uji, yang terus berbenah dan memperbaiki diri dengan dukungan manajemen professional yang berpengalaman dibidangnya yang selalu  optimis akan mampu bersaing ditengah persaingan antar usaha sejenis baik domestic maupun mancanegara pungkasnya.

 


Pada kesempatan yang sama Direktur utama  PT. Yaksa Ragam Dalpati Bapak Robi Lubis menyahuti apa yang diutarakan Kadislitbangad banhwa PT. Yaksa Ragam Dalpati akan tetap berkomitmen untuk selalu terbuka dalam bermitra dan bekerjasama dengan pelbagai stakeholder baik dalam maupun luar negeri, tentunya dengan mengedepankan azas manfaat keduabelah pihak khususnya dalam hal sharing technologi dan ilmu pengetahuan untuk pengembangan yang berkelanjutan. Tujuan kami adalah untuk menjadi pilihan utama bagi costumers, mitra/rekanan kami, dengan berusaha memberikan kontribusi terbaik kepada setiap project yang dipercayakan kepada kami, melalui pelayanan istimewa dari kami secara profesional dan integritas. Kami yakin dan percaya, bahwa hanya dengan memberikan pelayanan  istimewa dan berintegritaslah kami mampu menjadi pilihanya sebagai mitra kerja terbaik kami mempunyai  Visi Membangun bisnis dan aset produktif yang terintegrasi, sehingga tercipta perusahaan yang kreatif, inovatif dan inisiatif. Yang profesional dalam menyongsong tantangan ekonomi global  dengan Misi Menjadi Perusahaan yang berorientasi pada masa depan dengan memberikan manfaat yang berkelanjuatan serta menjadi pelopor dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional pungkasnya.



(admin)

Informasi Penerimaan TNI-AD TA. 2024