KADISLITBANGAD ASNIK LITBANGHAN DI DISPSIAD BANDUNG

Friday, 18 June 2021



Bandung,   17  Juni  2021,  Kepala  Dinas Penelitian  dan  Pengembangan  TNI AD  Brigjen TNI  Terry  Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M,  Melaksanakan   kegiatan Asistensi teknis (Asnik) Litbanghan TNI AD semester I TA  2021   di Dinas Psikologi Angkatan Darat  pada hari kamis, 17 Juni  2021.

 

Kedatangan Kadislitbangad beserta rombongan disambut oleh Kadispsiad Brigjen TNI., Drs. Bambang Sutisna.,M.Psi beserta Tim Pokja serta Staf Dispsiad,  Kedatangan Kadislitbangad merupakan kelanjutan  Kegiatan Asistensi teknis (Asnik) Litbanghan TNI AD semester I TA  2021 yang di buka dan di awali  di  Akmil tempo hari.

  

Kadispsiad Brigjen TNI., Drs. Bambang Sutisna.,M.Psi. dalam kata sambutanya mengatakan bahwa nilai penting dari penelitian bagi peningkatan kemampuan TNI Angkatan Darat. Dalam kesempatan tersebut dapat dirasakan besarnya hasrat Kadislitbangad untuk memberikan manfaat dan kontribasi sebesar-besarnya bagi organisasi TNI AD melalui penyelenggaraan Litbanghan di lingkungan TNI AD. Sebuah kebanggaan bagi Dispsiad menerima kehadiran Tim Asnik di Markas Dispsiad. Dispsiad melihat kegiatan ini sebagai peluang untuk mempertajam kemampuan personel internal Dispsiad dalam menyelenggarakan kegiatan ilmiah. Selain itu Dispsiad dapat mengambil manfaat secara tidak langsung untuk meninggkatkan gairah anggota Dispsiad dalam mencintai kegiatan penelitian.  Dispsiad berharap melalui aktifitas ini baik Dislitbangad maupun Dispsiad dapat memperoleh manfaat sebesar besarnya dan berjalan sinergis dalam mencapai tujuan besar TNI AD untuk menjadi organisasi militer yang profesional, handal, reliabel, ilmiah dan adaptif.  Semoga melalui penelitian di lingkungan TNI AD kita dapat mewujudkan gagasan gagasan terbaik demi kemajuan TNI AD. Mengubah apa yang sudah biasa menjadi sesuatu yang lebih bermakna Seperti kalimat dari Albert Szent tentang penelitian ”research is to see what everybody else has seen, and to think what nobody else has thought” yang artinya penelitian adalah melihat sesuatu yang sejatinya sudah nampak juga oleh orang lain, dan mengkaji apa yang tidak pernah dipikirkan orang lain.

 

Selanjutnya pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, dalam kata sambutanya mengatakan bahwa   kegiatan  Asistensi teknis (Asnik) Litbanghan TNI AD semester I TA  2021  di Dinas Psikologi Angkatan Darat sesuatu yang luar biasa karena setiap orang akan dilihat dan di nilai dari Psikologinya apakah psikologinya positif atau negative dalam penilaian tersebut dilihat dari kacamata dan  diukur dari  psikologinya. Untuk  sumber daya Insani  yang dimiliki Dislitbangad rata-rata mumpuni dan mampu serta tidak disangsikan dalam bidang penelitian dan pengembangan, tetapi sumber Daya Manusia dari materiel masih terbatas, sehingga membutuhkan personel-personel yang mempunyai kemampuan di bidang materiel yang di harapkan dari Sumber Daya yang di miliki oleh Poltekad yang mumpuni bisa mengisi kekurangan dari SDM bidang Materiel Dislitbangad, Kadislitbangad mengapresiasi judul yang diteliti oleh Dispsiad tentang “Analisa sikap, norma subyektif, penghayatan dan minat generasi Z  untuk berkarier di TNI AD”   ini penelitian yang cukup bagus karena Generasi Z atau Gen Z disebut sebagai generasi yang lahir setelah generasi Y. Umumnya mereka yang merupakan generasi Z disebut juga sebagai  iGeneration atau generasi internet atau generasi net. Mereka selalu terhubung dengan dunia maya dan dapat melakukan segala sesuatunya dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada. Bahkan gadget sudah menjadi pegangannya dari sejak kecil. Maka secara otomatis pengenalan teknologi dan dunia maya ini begitu berpengaruh pada perkembangan kehidupan dan kepribadian mereka. ini tantangan tim penelitia dari Dispsiad menyikapi perkembangan generasi saat ini yang adaptif sehingga diharapkan Out putnya dapat bermanfaan untuk TNI AD umumnya Dispsiad pada khususnya ujarnya. Selanjutnya Kadislitbangad menambahkan bahwa  Kegiatan Asnik dan kedatangan Tim Asnik Dislitbangad   merupakan salah satu kegiatan bimbingan teknis litbanghan oleh pemegang LKT tingkat pusat (Dislitbangad) kepada penyelenggara Litbanghan dan badan/pejabat yang berhubungan dengan Litbanghan agar sesuai dengan sasaran dan tujuan adapun tujuan diselenggarakannya asistensi teknik  untuk memberikan arahan atau supervisi ilmiah kepada pelaksana kegiatan Litbanghan di lingkungan TNI AD, agar kegiatan tersebut dapat berjalan secara objektif, rasional, terukur & akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan litbanghan TNI AD TA 2020, secara umum pelaksanaan kegiatan litbang telah berjalan dengan baik dan mampu mencapai sasaran yang telah ditetapkan.  namun masih dijumpai beberapa masalah  yang perlu mendapat perhatian guna  peningkatan kualitas litbanghan agar produk yang dihasilkan mampu memberikan kontribusi dalam upaya mendukung kemandirian industri pertahanan ataupun mendukung tugas pokok TNI AD pungkasnya.

 

Usai melaksanakan kegiatan Asistensi Teknis Litbanghan TNI AD semester I TA  2021 berkesempatan Kadispsiad Brigjen TNI., Drs. Bambang Sutisna.,M.Psi. mengajak  Kadislitbangad Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, beserta rombongan meninjau beberapa tempat yang View pemandangan yang indah di atas menara kafe Dispsiad.




(admin)

Informasi Penerimaan TNI-AD TA. 2024