LINDUNGI KESELAMATAN PRAJURIT KADISLITBAGAD UJI TERIMA BEKAL ANTI PELURU

Monday, 3 May 2021



Batujajar 3  Mei 2021, – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, uji terima bekal ransel quick release bag dan helm militer level III A mich anti peluru untuk melindungi keselamatan prajurit dari munisi tajam persenjataan yang digunakan musuh, bertempat di Lorong tembak Laboratorium Dislitbang TNI AD Batujajar, Bandung Jawa Barat, Senin  (03/05/2021).

 

 

Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M,, selaku Kagiat  mengatakan, bahwa  Uji terima  merupakan suatu kegiatan pengujian dalam rangka proses pengadaan materiel sebelum materiel tersebut dinyatakan diterima sebagai materiel aset TNI AD.  Dalam pelaksanaan uji terima bekal Ransel Quick Release Bag dan bekal Helm Militer Level III A Mich pengadaan Babek TNI TA 2021.

 

Dalam penjelasanya Kadislitbangad menambahkan bahwa, Moril tinggi bagi para Prajurit dalam tugas Operasi  apabila perlengkapan yang digunakan Prajurit Efektif,  bagus dan canggih serta berfungsi dengan baik dan dapat melindungi keselamatan Prajurit,  seperti halnya  Bekal Ransel Quick Release Bag dan bekal Helm Militer Level III A Mich pengadaan Babek TNI TA 2021 merupakan materiel bekal prajurit untuk operasional dalam menghadapi tembakan langsung musuh, pada prinsipnya materiel tersebut didesain agar tahan terhadap tembakan munisi tajam sampai level III A. Dengan perlengkapan tahan peluru tersebut diharapkan dapat melindungi bagian tubuh vital prajurit sehingga peluru tajam tidak sampai ke bagian tubuh khususnya bekal helm yang dapat melindungi kepala prajurit.  Demikian juga ranselnya, didesain tahan peluru karena pada prinsipnya merupakan rompi yang dilengkapi plate armour sehingga diharapkan mampu menahan peluru, ransel ini juga unik karena dalam keadaan tertentu ransel dapat dilepaskan dengan cepat dari rompinya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M. menekankan agar selama pelaksanaan uji terima bekal ransel quick release bag dan helm militer level III A  Mich  tetap mempedomani  Spesifikasi Standard Penerimaan (SSP) yang merupakan pedoman yang memuat tentang ketentuan dan persyaratan yang digunakan dalam rangka melaksanakan uji terima  materiel hasil pengadaan baik dari luar negeri maupun dalam negeri. berkaitan dengan hal tersebut bahwa  Uji terima merupakan segala usaha dan kegiatan pemeriksaan terhadap mutu materiel sebelum materiel tersebut digunakan oleh pengguna.   Aturan yang terdapat di dalamnya diperoleh dari kesepakatan dalam negosiasi teknik, sehingga setiap pengadaan materiel mempunyai persyaratan uji terima yang berbeda.ujarnya.

“Laksanakan uji terima bekal ransel quick release bag dan helm militer level III A III A Mich dengan baik dan utamakan faktor keamanan juga protokol kesehatan Covid- 19 tetap diperhatikan dan diterapkan,“ tegasnya.

 

Pada kesempatan yang sama Kadislaikad Brigjen TNI Yusep Sudrajat., S.IP.,M.Si., hadir saat uji terima tersebut menyampaikan bahwa keselamatan Prajurit sangat penting, untuk itu dalam uji terima ini diharapkan Senjata yang digunakan dalam uji terima ini sesuai dengan persenjataan yang digunakan musuh, untuk meyakinkan bahwa Bekal Ransel Quick Realese Bag dan Bekal Helm Militer IIIA Mich mampu melindungi dan menyelamatkan Prajurit dari peluru tajam persenjataan yang digunakan Musuh. Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Tim penguji Letkol Chb Sukamto  mengatakan bahwa  uji terima bekal ransel quick release bag dan helm militer level III A mich meliputi uji tidak merusak /non destruktif yang terdiri dari uji visual, uji berat dan dimensi serta uji konstruksi dan perlengkapan, sedangkan uji merusak /destruktif meliputi uji kemampuan, uji kelancaran kerja dan aspek insani yang dihadapkan pada tolok ukur Spesifikasi Standar Penerimaan /SSP yang telah ditentukan.

 

Kegiatan uji terima bekal ransel quick release bag dan helm militer level III A mich tersebut turut dihadiri oleh Kadislaikad Brigjen TNI Yusep Sudrajat, S.IP., M.Si. Yang mewakili Irlog Itjen TNI, Kababek TNI, Paban II/Bekum Slog TNI, KabidbekupBabek TNI, Kabidpalkomlek Babek TNI, Paban III/Litbang Asro Srenum TNI, Pabandya II/Bekum Slog TNI, Paban IV/Binsisops Sopsad, Paban V/Bek Slogad.Kasubditbinkaporsatiap Pusbengad,  Kasubdislaikad, Sesdislitbangad, Kaliti,  Pa Ahli Dislitbangad, Kalab,  Kasubdismat Dislitbangad serta perwakilan dari . PT. Ridho agung mitra abadi.



(admin)

Informasi Penerimaan TNI-AD TA. 2024