KADISLITBANGAD UJI COBA SERTIFIKASI PISTOL CZ P10SC 9X19 MM

Saturday, 24 July 2021



Batu Jajar  23  Juli   2021,  Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, menguji Coba  (sertifikasi) uji coba  (sertifikasi) Pistol CZ-P10SC 9x19 mm buatan Ceska Zbrojovka Uhersky Brod (CZ) Czech Republik pada hari jumat tanggal 23 Juli  2021.

Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Brigjen TNI  Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, yang diwakili Dalwasgiat Pgs Sesdislitbangad Kol. Cpl. M. Apandi Soeharto, S.H., M.M  mengatakan bahwa uji Coba  (sertifikasi) Pistol CZ-P10SC 9x19 mm buatan Ceska Zbrojovka Uhersky Brod (CZ) Czech Republik yang didesain bentuknya kecil hanya 0,9  kg, Pistol kaliber 9 mm ini yang digunakan  untuk perorangan sebagai senjata pada tugas-tugas tertentu,  sudah barang tentu untuk  mendapatkan materiil yang berkualitas maka senjata pistol CZ-P10SC 9x19 mm kaliber 9 mm ini harus memenuhi persyaratan umum yang meliputi syarat (kaidah) ilpengtek, Yang harus dipertimbangkan dalam persyaratan taktis terhadap senjata pistol kaliber 9 mm adalah aspek intelijen, dimana unsur keamanan dan kerahasiaan harus dipertimbangkan, dari aspek operasional, unsur penggunaan, mobilisasi, dan pemeliharaannya harus mudah karena orientasi penggunaan senjata pistol kaliber 9 mm ini adalah untuk perorangan sebagai senjata bela diri dan pengomandoan. Selain itu  unsur kenyamanan dan keamanan bagi personel pengguna juga harus diutamakan termasuk dari aspek logistik, unsur pembekalan dan pendistribusiannya,ujarnya selanjutnya Kadsilitbangad selaku Kagiat yang diwakili Dalwasgiat Pgs Sesdislitbangad menambahkan bahwa secara  taktis Pistol CZ-P10SC 9x19 mm harus memiliki ketelitian tembak tinggi. Senjata Pistol kaliber 9 mm dapat memberikan akurai penembakan yang tepat, tahan terhadap pengaruh lingkungan. Senjata Pistol kaliber 9 mm dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan di sekitarnya, mudah dalam pembawaan, pemeliharaan dan pelayanan.  Senjata Pistol kaliber 9 mm dapat dengan mudah digunakan oleh prajurit baik dalam pembawaan, pemeliharaan dan saat dioperasionalkan, tahan terhadap goncangan.  Senjata Pistol kaliber 9 mm dapat menahan goncangan terbatas saat bergerak dan akibat adanya benturan ringan saat pembawaan, mudah dibongkar pasang. Senjata Pistol kaliber 9 mm dapat dengan mudah dibongkar pasang dengan peralatan yang telah tersedia/dibawa dan tidak memerlukan peralatan khusus,aman dalam penggunaan.  Senjata Pistol kaliber 9 mm dapat memberikan keamanan pada saat dioperasionalkan oleh prajurit, jarak efektif.  Senjata Pistol kaliber 9 mm masih dapat menembak sasaran dengan tepat dengan memakai alat bidik yang melekat padanya pada jarak 50 m, Pungkas.

 

Dalam uji coba (sertifikasi))  uji Coba  Pistol CZ-P10SC 9x19 mm, kepala sub tim  (Katim) uji. letkol Chb Sukamto  menjelaskan pelaksanaan pengujian dengan aspek-aspek sebagai berikut pertama  Materi uji aspek konstruksi dan perlangkapan. Kedua Materi uji aspek kemampuan. Ketiga Materi uji aspek kelancaran kerja. Keempat Materi uji aspek insani.

 

Hadir dalam uji Coba  (sertifikasi) Pistol CZ-P10SC 9x19 mm buatan Ceska Zbrojovka Uhersky Brod (CZ) Czech Republik Mabes TNI, Paban III/Litbangasro Srenum TNI diwakili letkol inf. aman jaya purba. Mabesad, Paban III/Litbangasro Srenaad di wakili, Paban IV/Binsisops Sopsad, Paban VI/Alpal Slogad diwakili. Puspalad, Kasubditbinjat Optronik Sdircab Puspalad diwakili. Pusintelad, Dirbinfung Pusintelad diwakili. Dislaikad, Kadislaikad diwakili. Dislitbangad, pgs Sesdislitbangad, Kaliti diwakili, Kasubdismat, Kepala laboratorium, Kasubdisbinfung Dislitbangad. Mitra Kerja. Direktur PT. Srikandi Indonesia Gemilang.